FISIKA
ITU SULIT
Yap, itulah anggapan para kalangan
peserta didik bahwa fisika itu sulit. Termasuk saya juga beranggapan seperti
itu, fisika suatu pelajaran yang begitu sulit untuk dipahami. Dosen saya pernah
berkata sebenarnya fisika itu mudah
hanya dalam mempelajarinya harus berkonsentrasi tinggi untuk memahaminya.
faktor yang membuat fisika
itu sulit dipelajari bagi peserta
didik,yaitu adalah factor dari peserta didik itu sendiri seperti: kurangnya
minat dan motivasi peserta didik dalam belajar fisika, peserta didik kurang
mengkap manfaat fisika bagi kehidupan, peserta didik jarang melakukan
pembelajaran tambahan dirumah, peserta didik jarang membaca buku pelajaran
tersebut, peserta didik kurang berlatih mengerjakan soal-soal fisika, rendahnya
kemampuan mengahapal peserta didik, rendahnaya pengetahan matematiak peserta
didik, peserta didik kurang mampu mengaplikasikan rumus dan mudah menyerah
dalam megerjakan soal fisika. factor dari guru yang mengajarkan pelajaran
tersebut seperti: guru kurang menguasai mata pelajaran tersebut saat
menjelaskan terbata-bata sehingga membuat peserta didik kurang mengerti dengan
apa yang dijelaskan, guru jarang mengadakan praktikum, dan guru jarang
mengggunakan media pembelajaran, dan guru sedikit menjelaskan dalam pembelajaran.
untuk pelajaran fisika itu
sendiri peserta didik haruslah menguasai matematika karena Fisika mengkaji
berbagai fenomena alam yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan cara
menganalisis dari kajian fenomena tersebut lebih banyak berkaitan dengan penyelesaian
matematis. Hal inilah yang membuat peserta didik beranggapan bahwa fisika itu
sulit karena kebanyakan peserta didik kurang menguasai matematika.
seorang guru juga haruslah
bersikap adil terhadap peserta didiknya yang mempunyai tingkat pemahaman yang
kurang, jangan hanya peserta didik yang mempunyai tingkat pemahaman yang tinggi
ketika dia sudah mengerti guru menganggap bahwa semua peserta didik yang
diajarnya juga sudah mengerti, setiap siswa memiliki pribadi yang berbeda-beda,
otak yang berbeda ada yang cepat mengerti dan ada juga yang lamban. Guru
haruslah peka terhadap peserta didik seperti ini dan selalu memotivasinya agar
minat peserta didik dalam pelajran tersebut ada. Dan menurut saya, kesuksesan
belajar peserta didik itu tergantung dari gurunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar